Dapat rhema apa hari ini?

Hari ini kita belajar tentang pertumbuhan iman.

‭Efesus 4:13-14 TB‬
[13] sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, [14] sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,

https://bible.com/bible/306/eph.4.13-14.TB

Iman harus bertumbuh

Perlu kita ketahui bersama bahwa ada fase pertumbuhan iman bagi orang percaya. Mirip seperti pertumbuhan mental manusia namun sedikit berbeda.

Pertumbuhan fisik manusia. (Image by freepik)

1. Tahu, kenal, dan tertarik. Ini adalah fase paling awal dimana seseorang dari sekedar tahu, pernah lihat, atau pernah dengar kemudian tertarik untuk mengenal lebih dekat, lebih dalam. Dan setelah mengenal lebib dalam kemudian tertarik untuk berkomitmen.

2. Lahir baru. Ini adalah fase menyatakan komitmen yang biasanya ditandai dengan baptisan.

3. Bayi rohani. Ini merupakan fase setelah lahir baru, masa-masa ini adalah masa dimana seseorang ingin sekali mengetahui lebih jauh, mengalami lebih banyak.

4. Anak-anak rohani. Kelanjutan dari bayi rohani. Sudah lebih banyak tahu. Mulai belajar membangun kebiasaan dan hidup sesuai dengan Firman Tuhan.

5. Dewasa rohani. Saat sudah jauh lebih mandiri terutama dalam hal membangun hubungan dengan Tuhan. Sudah memiliki kesadaran dan kebiasaan untuk senantiasa membangun hubungan personal dengan Tuhan, dan menjalani hidup sesuai dengan Firman Tuhan.

6. Kematian rohani. Adalah fase dimana seseorang menjadi apatis dan tidak percaya lagi kepada Kristus.

Dimanakah diri kita berada?

Dimanapun posisi kita berada, ada satu hal yang harus kita ingat dan kita pegang, yaitu kita semua pada dasarnya ingin selamat. Dan keselamatan itu ditandai dengan kita pulang ke rumah Bapa di sorga. Dan untuk bisa berkumpul bersama-sama dengan Bapa kita di sorga maka setelah menyatakan iman percaya, kita harus membangun hubungan personal dengan Kristus dan hidup sesuai dengan FirmanNya. Karena itu iman kita harus bertumbuh agar jangan begitu mudahnya kita termakan godaan akhirnya menjadi tersesat. Bukannya pulang ke rumah Bapa di sorga, malah masuk ke api yang tak pernah mati.

Bagaimana caranya agar kita bisa tumbuh optimal?

1. Tertanam dalam satu gereja lokal. Mengapa perlu tertanam? Agar pondasi kita kuat, dasar-dasar iman kita kuat karena mengikuti dan mendapatkan nutrisi secara teratur. Mengapa hanya satu gereja lokal? Karena hakikat tertanam itu pada satu tempat. Kalau lebih dari satu sama saja tidak tertanam. Dan ibarat tanaman yang pindah-pindah pot bukan karena bertumbuh sehingga memerlukan penambahan tanah/ media tanam, maka pertumbuhannya tidak akan optimal, malah resiko mati jauh lebih besar.

2. Bergabung dan aktif dalam komunitas rohani di gereja lokal tersebut. Mengapa komunitas rohani di gereja lokal? Mengapa tidak di gereja lain atau multi-denominasi? Karena akan berbeda nutrisinya walaupun sumbernya sama. Dan resikonya kalau bercampur-campur, yang ada akan bingung, absurd, sehingga tidak mantap pondasi, dasar-dasarnya, dan sudut pandangnya. Komunitas ini bisa menjadi support system kita saat kita mengalami kendala dan kita bisa mendapat booster untuk pertumbuhan.

3. Membangun hubungan personal dengan Tuhan. Tuhan ingin kita berjalan bersamaNya, dalam tuntunanNya karena dunia ini kejam. Namun sulit terjadi kalau kita tidak kenal Tuhan, sehingga tidak benar-benar yakin dan percaya kepadaNya, apalagi bergantung kepadaNya. Kita akan sulit mendengar arahan Tuhan, kita akan menjalani hidup ini semaunya kita saja, apa yang menurut pemikiran dan hati kita sudah paling benar, mungkin bisa ditambah nasihat teman-teman dekat, atau pakar yang kita temui atau kita lihat.

Jangan mati, selesaikanlah pertandingan iman ini.

Kita semua ingin finish dan mendapatkan piala, masuk berkumpul bersama Bapa di sorga. Jadi janganlah kita sampai mati rohani. Mari kita selesaikan pertandingan iman kita ini dengan baik.

Doa

Ya Tuhan, bantu kami bertumbuh. Agar kami benar-benar bisa menyelesaikan pertandingan iman kami dengan benar.

Amen

Image by freepik

Sedang Tren