Khotbah Ps. Johnlie Nainggolan – GMS Mercy Balikpapan : Selamatkan dombaKu

Matius 18 : 12-14

1. Tuhan menemukan domba yang hilang melalui gerejaNya, melalui anak-anakNya.

Tugas kita sebagai anak Tuhan adalah menemukan domba-domba Tuhan yang tersesat, yang jiwanya resah, kosong, yang sakit, yang membutuhkan Tuhan. Cara kita menemukan Tuhan adalah melalui perubahan hidup kita. Sebagai orang Kristen harus menjadi garam dan terang untuk sekeliling kita.

2. Tuhan jauh lebih bergembira saat menemukan domba yang hilang.

Pernahkah kita berpikir bagaimana cara membuat Tuhan dan sorga bergembira, sukacita yang besar? Menemukan domba yang hilang akan membuat Tuhan dan Sorga bersukacita. Saat kita bercerita, mengakui iman akan Tuhan itu semua adalah bibit yang kita taburkan. Bibit yang kita taburkan tidak pernah sia-sia. Pertumbuhan bibit tidak lantas cepat, bisa bertahun-tahun, dan jangan sakit hati jika bertumbuh di Gereja lain. Yang penting adalah bibit tersebut bertumbuh.

3. Tuhan tidak ingin setelah 1 domba diselamatkan ada lagi yang tersesat dari 99.

Senantiasa berkumpul bersama komunitas agar kita dilingkupi oleh perlindungan Tuhan.

Supaya tidak tersesat, Tuhan memberikan Roh Kudus sebagai penuntun agar tidak tersesat.

Cara Tuhan membuat kita tersesat bukan hanya melalui perbuatan dosa, tapi kesibukan di tempat kerja/karir yang menjauhkan kita dari pertemuan-pertemuan ibadah, dari komunitas – komunitas kita di gereja. Setelah itu iblis akan menggiring kita ke perbuatan dosa.

Amin

Advertisements