The True Power

Joshua 4 – 6

Pada pasal ini berkisah tentang Penyebrangan Sungai Yordan dan Penaklukan Kota Yerikho.

Siapa sebenarnya Yosua?

  1. Dia adalah abdi Musa, yang melayani dan mendampingi Musa sejak keluar dari Mesir.
  2. Dia mendampingi Musa saat naik ke Gunung, pada saat Musa mendapatkan 2 loh batu pertama yang berisi perintah-perintah Tuhan.
  3. Dia bersama 11 orang lainnya termasuk Caleb yang diminta Musa untuk mengintai kondisi tanah Kanaan.
  4. Dia dan Caleb adalah 2 orang yang tersisa dari laki-laki yang keluar dari Mesir yang bisa masuk ke tanah Kanaan, karena seluruh laki-laki yang keluar dari Mesir sudah mati; yang masuk bersama Yosua dan Caleb adalah yang lahir di padang gurun.

Di kisah-kisah dan kitab sebelumnya dapat kita baca kalau kita cermati Tuhan telah melatih Yosua saat mendampingi Musa. Yosua belajar bukan hanya memimpin melainkan yang pertama-tama adalah bagaimana menjalin hubungan intim dengan Tuhan, menikmati hadirat Tuhan, percaya penuh dengan Tuhan.

Karena kesetiaan dan hubungan intim itulah maka Yosua dipilih Tuhan untuk melanjutkan tugas Musa membawa bangsa Israel ke tanah Kanaan.

Bahkan Tuhan memberikan kekuatan untuk Yosua sehingga Yosua dihormati oleh seluruh bangsa Israel sama seperti Musa dihormati.

Kekuatan sejati hanya datang saat kita memiliki keintiman dengan Tuhan. Kekuatan sejati itu merupakan kasih karunia dari Tuhan. Sehingga tugas kita adalah membangun keintiman dengan Tuhan, setiap waktu, memikirkanNya setiap waktu.

#iLoveMyBible

Advertisements