Chain Reaction (Berkat atau Kutuk ?)

Ulangan 28-30

Setelah hampir 1 bulan saya tersesat, hari ini saya mencoba kembali kepada jalan yang benar. Bukan berarti saya tidak membaca Alkitab, namun saya hanya membaca. Saya tidak berusaha untuk bertanya, untuk mencari, untuk mendengarkan apa yang Tuhan ingin sampaikan. Firman itu hanya lewat begitu saja, sepertinya sia-sia.

Kehidupan manusia selalu dihadapkan dengan pilihan. Begitupun dengan mengikut Tuhan, itu juga pilihan. Mengikut Tuhan yang mana, itu pun pilihan. Membuat sebuah keputusan merupakan aksi dari rangkaian aksi-reaksi. Sehingga saat kita membuat keputusan atas pilihan yang ada maka kita harus siap dengan seluruh rangkaian reaksi yang akan terjadi setelahnya. 

Pada pasal-pasal ini Musa menyampaikan pilihan kepada bangsa Israel. Semua dimulai dengan “Jika engkau ….”. Pilihan yang disampaikan adalah : 

  1. ” Jika engkau baik-baik mendengarkan suara Tuhan, Allahmu DAN melakukan dengan setia segala perintah-Nya …”. (Ayat 1)
  2. Sebaliknya (ayat 15).

Ada 12 berkat dan banyak kutuk yang mengerikan sebagai reaksi atas pilihan di atas.

Tidak mudah untuk memilih, apalagi jika gempuran janji-janji kenikmatan sementara yang membungkus kutuk begitu kuat, begitu intens disodorkan dihadapan kita.

Bagaimana caranya agar kita dapat memilih yang benar ?

  1. Putuskan untuk mengikuti Yesus.
  2. Lakukan pertemuan-pertemuan intensif dengan Tuhan setiap hari. (Membaca Alkitab, Saat Teduh, Doa, Beribadah di Gereja setiap minggu). Kenapa setiap hari? Jika tidak kita akan mudah tersesat, trust me. 
  3. Berpuasa.
  4. Bergabunglah dengan komunitas yang seiman (support system) seperti kelompok doa, kelompok sel, dll. Yang anggotanya saling mendukung untuk pertumbuhan rohani, yang pembicaraannya senantiasa untuk mendukung pertumbuhan rohani. Bukan malah gosip atau hal-hal negatif.

Cukup banyak pilihan aksi di atas, dan semua itu harus dipilih jika kita ingin mendapatkan kebahagiaan kekal bersama Tuhan.

Tuhan sangat baik. Terlepas apa kondisi kita saat ini. Saat kita memutuskan untuk kembali maka Tuhan akan memulihkan, dan menyayangi kita kembali (pasal 30, ayat 3).

Marilah saudara-saudaraku, make the choice!.

#iLoveMyBible

Advertisements