Hari ke 33 : Menjaga Kekudusan bagi Tuhan

Imamat 10 – 12

Pada pasal-pasal ini berkisah tentang Kematian Nadab dan Abihu, makanan yang haram, dan pentahiran bagi perempuan yang baru melahirkan.

Nadab dan Abihu adalah anak-anak Harun. Mereka 4 bersaudara; Nadab, Abihu, Itamar, dan Eleazar. Mereka mati karena tidak menjalankan ritual sesuai dengan yang diperintahkan oleh Tuhan. Seharusnya menggunakan api yang dari Tuhan malahan menggunakan api mereka sendiri.

Kisah yang lain berbicara tentang menjaga kekudusan. Bagaimana Tuhan memberikan perintah tentang makanan haram dan tidak haram, larangan tentang minuman keras, semua itu berbicara tentang menjaga kekudusan.

Tentang makanan haram, pasti pada waktu itu, bahkan sekarang manusia tidak mengerti alasan kenapa dilarang. Kita tidak tahu, kita hanya bisa menduga-duga kenapa Tuhan melarang.

Kalau saya melihat dari sisi rantai makanan, maka mungkin saja binatang-binatang tersebut mempunyai peran penting dalam rantai makanan sehingga Tuhan mengharamkan binatang tersebut agar tidak punah/habis oleh manusia.

Tapi terlepas apapun alasannya Tuhan menghendaki agar kita menjaga kekudusan.

44 Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, maka haruslah kamu menguduskan dirimu dan haruslah kamu kudus, sebab Aku ini kudus…

Imamat 10 : 44

Menjaga kekudusan dengan memeliharan ketaatan dan kesetiaan untuk menjalanka  setiap perintah-perintahNya itulah yang Tuhan kehendaki.

#iLoveMyBible

Advertisements