Hari ke-24 : Tuhan Memilih yang Sudah Siap

Keluaran 22 – 24

Apakah pernah terpikir kenapa Tuhan memilih Musa untuk memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir ?

Apa yang membuat Musa berbeda dari sekian juta bangsa Israel ?

Apakah Musa seorang yang suci? Yang hidupnya lurus? Padahal ia pernah membunuh orang.

Satu kata : Tuhan memilih orang yang siap dan mau. Loh, kok dua kata?

Bukan tanpa alasan mengapa Musa dihanyutkan ke sungai Nil. Apakah hanya Musa? Atau hanya Musa yang selamat tidak terbalik keranjangnya, tidak diterkam buaya atau kuda nil. Sebenarnya memang Tuhan merancangkan dan mempersiapkan Musa untuk belajar di lingkungan istana. Tuhan sudah memiliki visi jauh ke depan untuk Musa. Akses pendidikan formal tidak dapat dijangkau oleh rakyat biasa. Kemampuan membaca dan menulis hanya dimiliki oleh kalangan kerajaan atau bangsawan tertentu. Di istana, Musa juga terpapar dengan ilmu-ilmu kepemimpinan dan melihat figur-figur pemimpin. Di istana, Musa belajar banyak hal yang tidak mungkin akan ia pelajari jika ia hidup di luar istana. 

Apakah Musa senang hidup di dalam istana? Mungkin ia senang pada awalnya, namun pasti ada satu titik dimana ia mengetahui bahwa ia bukan keturunan raja, bahkan ia ternyata adalah keturunan ibrani, bangsa budak. Hal itu bisa mengakibatkan pergumulan hebat di dalam hatinya. Bahkan jika fakta itu diketahui oleh teman-teman seusianya di lingkungan istana, bukan tidak mungkin ia dipandang sebelah mata, atau bahkan ia dilecehkan, dibully, siapa yang tahu.

Saya menyadari sampai pasal 24, hanya ada 2 figur yang menulis yaitu Musa dan Tuhan sendiri. Jangan-jangan dari sekian juta bangsa Israel hanya Musa yang mengerti membaca dan menulis. Apakah Musa tahu sewaktu ia kecil, sewaktu ia belajar di istana bahwa kemampuannya akan dipakai untuk menuliskan firman Tuhan. Pasti tidak, karena tak seorangpun yang mengerti rancangan Tuhan.

Kalau begitu ayolah kita senantiasa belajar, senantiasa berusaha untuk meningkatkan kapasitas diri kita agar kita siap dipilih Tuhan, agar kita siap saat dipakai oleh Tuhan.

Mulailah dari membaca Alkitab setiap hari. Mengerti tak mengerti.

#iLoveMyBible

Advertisements