Hari ke-19 : First Challenge – Tantangan Awal

Keluaran 5-7

 Mengikut Tuhan itu tidak mudah. Namun saat kita menjadi pemenang maka semua yang kita lalui menjadi tidak ada artinya.

Apakah kita sudah benar-benar memutuskan untuk ikut Tuhan? Benarkah? Karena itulah langkah pertama yang harus diambil. Mengambil keputusan untuk mengikut Tuhan.

Setelah memutuskan dengan sepenuh hati, dengan komitmen maka kita akan menerima perutusan dari Tuhan. Saat itu akan terjadi pergumulan seperti pada rhema hari ke 18. Disitu kita ditantang untuk lanjut atau tidak.

Saat kita tetap melangkah, maka seperti janjiNya maka Tuhan memperlengkapi kita (ps 4 : 20 dan 27). Dan Tuhan memberikan kemenangan pertama (5 : 29 – 31). Yeay…

Langkah kedua. Kita akan menghadapi tantangan berikutnya (ps 5) Kita menghadapi penolakan-penolakan bahkan dari orang terdekat kita. Hal itu akan membuat pergumulan lagi dalam hati kita. Saat itu terjadi apakah yang kita lakukan? Biasanya, seringnya kita mundur…ah susah, ah gak mungkinlah, ah malas ah kalau begini jadinya. Bagaimana dengan Musa? Lihat ay 22, lalu Musa kembali menghadap Tuhan. Ia konsultasi, mengadu, curhat. Tuhan yang mengutus Musa maka saat menghadapi kendala ia kembali menghadap yang mengutusnya. Dalam kehidupan sehari-hari, jika menghadapi kendala maka kembalilah kepada yang mengutus kita, siapa? Atasan kita? Orang tua? Pimpinan? Ya kembalilah kepada mereka. Tapi ingatlah juga bahwa perutusan/kepercayaan itu bersumber dari Tuhan. Jadi selain menghadap atasan maka kita juga harus menghadap Tuhan, melakukan yang Musa lakukan.

Mari mendekat kepada Tuhan. Bacalah Alkitabmu.

#iLoveMyBible

Advertisements