Hari ke-16 : Yusuf’s Wisdom 2 – Hikmat Yusuf 2

Kejadian 46 – 48

Jasa Yusuf untuk Firaun sangatlah besar. Ia menyelamatkan Mesir dari bencana kelaparan hebat yang terjadi pada waktu itu. Setelah mengumpulkan hasil panen dari seluruh Mesir di masa-masa sejahtera selama 7 tahun, bahan-bahan makanan itu dikelola dengan baik. Rakyat Mesir pun harus membeli jika mereka membutuhkannya. Sampai akhirnya uang mereka pun habis karena sangat panjang masa kelaparan itu terjadi. Setelah uang mereka habis, Yusuf membuat ketentuan bahwa bahan makanan bisa barter dengan ternak. Setelah ternak habis, mereka menghadap bahwa mereka tidak punya apa-apa lagi hanya tingga tanah dan diri mereka. Akhirnya Yusuf mengambil tanah mereka sebagai ganti bahan makanan, selain itu ia memberikan mereka bibit agar mereka juga bekerja menanam. Dan Yusuf mengenakan pajak 20% dari hasil usaha mereka.

Semua hal itu dilakukan Yusuf untuk Firaun. Ia mencukupkan diri dengan keluarga besarnya yang terpelihara di tanah Gosyen. Ia sudah tahu misi Tuhan melalui dirinya, yaitu untuk memelihara bangsanya di masa kelaparan.

Saat Yusuf bekerja optimal untuk Tuannya/atasannya apakah ia menderita? Apakah ia susah hidupnya? Saya yakin tidak.

Saya berpikir bahwa dari kisah ini Tuhan ingin menyampaikan jika kita bekerja optimal menjalankan misi Tuhan melalui pekerjaan kita, kehidupan kita maka Ia akan memelihara hidup kita.

Marilah kita senantiasa mendekat kepada Tuhan agar kita pun diberi hikmat untuk menghadapi segala pergumulan hidup kita. Agar hidup kita senantiasa Damaj dan Sejahtera.

#iLoveMyBible

Advertisements