Hari ke-15 : Yusuf’s Wisdom – Hikmat Yusuf

Kejadian 43 – 45

Pasti kita semua pernah membaca kisah Yusuf yang dijual saudara-saudaranya ke Mesir.

Seandainya hal tersebut terjadi kepadaku, apakah aku akan bersikap seperti Yusuf? Apakah aku dapat bertahan menghadapi godaan istri potifar? Atau justru memanfaatkan keadaan? Jika ya, apakah aku dapat bertahan saat di penjara? Atas kesalahan yang tidak aku lakukan? Atas fitnah yang dituduhkan kepadaku? Apakah aku tidak akan menggerutu karena si tukang minuman raja tidak membantuku keluar dari penjara? Tidak mengingat jasa yang telah kulakukan, bahkan tidak ingat kalau aku masih di penjara? Apakah aku tidak dendam kepada saudara-saudaraku saat aku melihat mereka datang membeli makanan? Apakah aku tidak punya keinginan untuk membalaskan sakitnya dijual, dipenjara, menjadi budak kepada mereka?

Begitu banyak pergumulan dan kepahitan yang dialami oleh Yusuf selama hidupnya. Tapi ia tetap bertahan, justru ia dapat meraih kemenangan. Ia telah memikul salibnya dan meraih kemuliaan di dunia.

Apakah kita dapat memiliki mindset yang sama yang Yusuf miliki saat kita menghadapi pergumulan hidup? Mindset Yusuf adalah Hikmat dari Tuhan. Karena kedekatan Yusuf dengan Tuhan maka ia dapat memiliki mindset seperti itu. Kedekatan dengan Tuhan membuat ia memiliki damai sejahtera dalam hidupnya.

Maka Allah telah menyuruh aku mendahului kamu untuk menjamin kelanjutan keturunanmu di bumi ini dan untuk memelihara hidupmu, sehingga sebagian besar dari padamu tertolong.

Kejadian 45:7 TB

http://bible.com/306/gen.45.7.TB

Pernahkah anda merasa sangat marah atau muarah kepada seseorang? Apa yang anda rasakan? Sesak? Sakit kepala? Mau muntah? Bayangkan jika perasaan itu menetap dalam hidup anda bertahun-tahun. Saat teringat peristiwa tersebut muncul kembali perasaan-perasaan tersebut. Peristiwa tersebut tidak hilang, hanya tertekan ke alam bawah sadar.

Hubungan intim dengan Tuhan dapat menetralisir perasaan-perasaan tersebut. Saat itu terjadi maka hanya ada damai sejahtera dalam hidup kita.

Marilah kita membangun hubungan intim dengan Tuhan, dengan penuh kesadaran. Baca alkitab anda setiap hari, buatlah waktu khusus/special untuk bertemu dengan Tuhan melalui firman-firmanNya.

#iLoveMyBible

Advertisements