Hari ke-11 : Kecerdikan Yakub

Kejadian 31 – 33

Janji Tuhan : akan selalu berpegang pada janjiNya untuk menyertai dan memberkati umat-umat pilhanNya.

Perintah Tuhan : hiduplah sesuai dengan perintah-perintahKu.

Rhema : Kecerdikan Yakub.

Saya tersenyum saat membaca kisah saat Yakub mendapatkan laporan dari hamba-hambanya bahwa Esau sedang datang menghampiri diiringi 400 orang. Reaksi Yakub dan strategi yang dilakukannya menurut saya keren.

Yakub sadar akan kondisinya maka ia membagi rombongannya menjadi 2 pasukan. Kemudian untuk memenangkan hati Esau ia mengirim hadiah banyak sekali hewan ternak. Yang bagus-bagus dikirim berjalan berurutan. Dan terbukti berhasil.

Ketakutan Yakub menyebabkan Ia mengambil tindakan seperti itu. Padahal Ia tidak tahu motif awal Esau datang menghampiri. Namun ia melakukan persiapan-persiapan. Ia hanya tahu potensi ancaman di depan dan Ia melakukan persiapan untuk menhadapinya. Saat Ia tidak punya senjata, Ia menggunakan kekayaannya sebagai senjata.

Belajar dari hal tersebut, seringkali kita sudah mundur duluan setelah mengetahui potensi ancaman. Kita lebih mengandalkan kepintaran kita, padahal kita tidak pintar. Tuhan sudah memberikan segalanya untuk kita, tinggal kita memanfaatkannya. Untuk kisah ini ternyata ternak-ternak yang berpotensi menjadi penghambat kalau Yakub berpikir untuk melarikan diri malah diubah menjadi senjata untuk memenangkan hati Esau.

Mari kita mengandalkan Tuhan dalam segala aspek kehidupan kita. Bukakan mataku, telingaku ya Tuhan. Dan berilah pengertian di dalam kepalaku. Agar aku dapat melihat jalanMu, mendengaf suaraMu. Agar hidupku senantiasa berjalan sesuai dengan perintahMu.

#iLoveMyBible – belajar Firman Tuhan setiap hari.

Advertisements