Hari ke-8 : Cara Tuhan Bekerja.

Kejadian 22 – 24

Hari ini saya kejar setoran. Membaca 3 pasal jatah hari ke tujuh (19-21) dan hari ke delapan (22 – 24).

Hari ini saya terkesan dengan Eliezer. Siapa dia? Ada yang tahu?

Dia orang Damsyik yang menjadi hamba Abraham yang setia.

Saya tidak mengerti situasi pada zaman itu. Tapi saya terkesan pada cara berdoa Eliezer. Saya juga tidak tahu keyakinan dan kepercayaannya. Namun di saat kesulitan ia berdoa kepada Tuhan tuannya Abraham.

Coba kita cermati kata-kata dalam doanya.

12 Lalu berkatalah ia: “ Tuhan , Allah tuanku Abraham, buatlah kiranya tercapai tujuanku pada hari ini, tunjukkanlah kasih setia-Mu kepada tuanku Abraham. 

13 Di sini aku berdiri di dekat mata air, dan anak-anak perempuan penduduk kota ini datang keluar untuk menimba air. 

14 Kiranya terjadilah begini: anak gadis, kepada siapa aku berkata: Tolong miringkan buyungmu itu, supaya aku minum, dan yang menjawab: Minumlah, dan unta-untamu juga akan kuberi minum — dialah kiranya yang Kautentukan bagi hamba-Mu, Ishak; maka dengan begitu akan kuketahui, bahwa Engkau telah menunjukkan kasih setia-Mu kepada tuanku itu.”

Kejadian 24:12‭-‬14 TB

http://bible.com/306/gen.24.12-14.TB

Ada yang merasa sesuatu?

Saya merasa doa Eliezer berbeda dengan doa-doa lain di Alkitab sejauh saya membaca Alkitab selama ini (walaupun belum pernah selesai). Doanya sangat spesifik. Ia membayangkan situasi yang ia minta, bahkan sampai detil yang dikatakan oleh mereka berdua. Apakah ada juga di bagian lain Alkitab ini yang berdoa seperti Eliezer?

Kemudian bagaimana Tuhan menjawab doanya?

Sebelum doanya selesai, datanglah seorang gadis, dan terjadilah situasi seperti doanya.

Pernahkah anda menghadapi situasi yang sama? Saya pernah. Saat doa kita sejalan dengan rencana Tuhan saya percaya bahwa Tuhan akan mengabulkannya. Bahkan bisa terjadi doa tersebut baru kita pikirkan, Tuhan sudah mewujudkannya.

Kami pernah mendengar bahwa kekuatan doa itu seperti pedang bermata dua. Ia bekerja di dua pihak. Di sisi kita maupun di sisi lain (situasi/orang) yang kita harapkan.

Yuk, Tuhan kita sungguh luar biasa. Berdoalah senantiasa, bahkan untuk sesuatu yang spesifik. Semakin dekat hubungan kita dengan Tuhan maka saya juga yakin semakin besar doa kita akan terkabul.

Amazing God.

#iLoveMyBible

Advertisements