Hari ke-4; Pasti Terlaksana

Kejadian 10 – 12

Ayat di atas adalah janji Tuhan yang saya dapatkan pada renungan saya pagi hari ini. Luar biasa ya…

Ayat ini terdapat dalam kisah Menara Babel, disaat manusia yang waktu itu masih berkumpul dalam satu wilayah dan masih satu bahasa. Tuhan turun ke dunia untuk melihat menara yang sedang dibangun oleh manusia.

Namun mengapa kemudian Tuhan memecah bahasa mereka dan menyebarkan mereka ke seluruh bumi? Apakah tidak lebih indah jika kita semua menjadi satu bangsa dan memiliki satu bahasa? Saya juga belum mengerti.

Terlepas apapun rencana Tuhan pada waktu itu, saya ingin fokus pada janji Tuhan. Janji Tuhan bahwa apapun yang kita rencanakan tidak ada yang tidak terlaksana.

Pertanyaan berikutnya ? Sudahkah membuat rencana ?

Kebetulan masih dalam suasana Tahun Baru, kebiasaan sebagian besar orang adalah membuat Resolusi atau Impian yang ingin dicapai dalam Tahun 2017. Rencana baru dapat disusun jika kita sudah menetapkan tujuan/impian/resolusi (apapun orang menyebutnya). Bagaimana kita bisa memperoleh janji Tuhan apabila kita sendiri belum menyusun rencana ?

Dalam ayat ini juga, saya menangkap bahwa ada syarat untuk memperoleh janji tersebut selain memiliki suatu rencana. Syarat tersebut adalah satu bangsa dan satu bahasa untuk semuanya ? Apa maksudnya ya ? Saya mengartikannya sebagai kesatuan tekad atau keyakinan atau bersepakat yang terfokus.

Jadi kalau boleh saya simpulkan berarti Tuhan menghendaki kita memiliki rencana yang fokus atas impian-impian atau tujuan kita (bisa personal ataupun kelompok/tim). Dan kita memiliki keyakinan bersama untuk meraihnya.

Yuk, kita buat rencana/strategi untuk tahun 2017, untuk berbagai aspek kehidupan kita. Hasilnya, kita pasrahkan kepada Tuhan dan kita syukuri apapun yang kita dapatkan.

 

– YG; @Mercy; #iLoveMyBible

Advertisements