Hari ke-2. Bergaul dengan Allah

2 Januari : Kejadian 4 – 6

Ada satu kalimat yang menggelitik hati saya pada saat membaca pasal-pasal pada pagi hari ini.

Ohya, sebelumnya itu tahukah saudara siapa yang pertama kali diangkat oleh Allah ? Alias tidak mengalami kematian ?

Siapa ?

Kej 4 : 24  Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.

Ternyata Henokh ya. Puji Tuhan kalau anda sudah mengetahuinya. Jika sebelumnya tidak tahu maka anda sama dengan saya.

Kalimat yang menggelitik hati saya adalah “bergaul dengan Allah”. Seperti apa sebenarnya bergaul dengan Allah itu? Apakah seperti kita sesama manusia bergaul? Atau bagaimana?

Bergaul itu menceritakan tentang hubungan. Hubungan antara Henokh dan juga Nuh pada pasal 6 dengan Allah. Bergaul berarti bukan hanya sekedar kenal atau sekedar tahu. Mari kita bayangkan saat kita bergaul dengan teman dekat kita. Pasti melibatkan aktivitas-aktivitas yang dilakukan bersama-sama. Entah itu bermain, duduk-duduk bercerita, nonton bioskop, makan, jalan-jalan, olahraga dan banyak aktivitas lain. Jadi, sedemikian intim hubungan mereka dengan Allah.

Kej 6 : 9 Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah.

Dalam berbagai seminar motivasi yang pernah saya ikuti, begitu juga dalam buku-buku motivasi disebutkan, “Jika anda ingin sukses maka bergaullah dengan orang-orang yang anda ingin menjadi seperti”. Cara pandang, cara bersikap kita akan sangat dipengaruhi oleh dengan siapa kita bergaul. Oleh karena itu pilihlah sahabat anda, pilih yang positif jika ingin hidup kita positif. Namun pilihlah Allah menjadi sahabat anda yang terutama, karena dengan menjadi sahabat Allah kita akan menjadi pribadi yang luar biasa. Saat menjadi sahabat Allah kita akan berubah menjadi seorang yang benar dan tak bercela (ay.9) sehingga kita layak memperoleh kasih karunia Allah (ay.8).

Lihatlah video dari Ps.Philip Mantofa tentang Lukisan Enoch – walked with God.

Bergaul dengan Allah adalah sebuah pilihan. Dan saya mau.

-YG, @Mercy #iLoveMyBible

pict : https://thechristiannation.org/2015/10/10/the-mystery-of-walking-with-god/

pict : thechristiannation.org

 

Advertisements